10/01/11

Prinsip Komunikasi Data


Dalam membicarakan jaringan komputer dikenal istilah komunikasi data. Pengetahuan tentang komunikasi data akan bermanfaat dalam memahami teknoligi informasi. Komunikasi data merupakan interaksi/hubungan yang diawali dengan adanya pertukaran data dari lokasi yang satu dengan lainnya. Dalam memahami sebuah prinsip dari komunikasi data diperlukan pengetahuan dasar tentang komponen-komponen utama yang digunakan dalam sistem komunikasi tersebut.

1. Protokol Komunikasi
Protokol komunikasi merupakan suatu aturan transmisi data yang akan keluar atau pun masuk. Adapun komunikasi untuk mengatur data ini banyak macamnya maka, didalam pengaturan ini kita membutuhkan sebuah alat yang dikenal dengan nama Gateway yang berfungsi sebagai penerjemah protokol komunikasi kompatibel agar jaringan komunikasi data berfungsi denganbaik.

2. Host komputer
Host merupakan seperangkat komputer yang digunakan untuk menyimpan informasi. Host komputer ini memiliki kemampuan pemrosesan data yang dalam hal ini dapat menjadi suatu komputer mainframe atau komputer mini. Host yang berupa mainframe bekerja dengan peralatan atau hardware yang dikenal sebagai Front End Processor(FEP) yang pada dasarnya berupa komputr mini yang mengelola komunikasi data dari jaringan-jaringan untuk host mainframe.

3. Receiving komputer
Biasanya receving komputer merupak suatu dumb terminal yang digunakan sebagai suatu penghubung antara dunia luar dan dunia dalam, yaitu sebagai alat input dan output yg diimplementasikan sbg komponen dasar yaitu keyboard, display, monitor dan beberapaport untuk komunikasi penghubungnya.

4. Data
Data merupakan suatu informasi yang sudah diolah dan siap dikirimkan dari suatu lokasi ke lokasi lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Belajar Jaringan Komputer. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com